Welcome In My Blog

Sabtu, 12 Maret 2011

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSTRAAN

A. PENDEKATAN KESUSTRAAN
          IBD, yang semula dinamakan Basic Humanities, berasal dari bahasa inggris the humanities. Istilah ini berasal dari bahasa latin Humanus, yang berarti manusiawi, berbudaya, dan halus.dengan mempelajari the humanities orang akan menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Jadi the humanities berkaitan dengan masalah nilai, yaitu nilai kita sebagai homo humanus.

B. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA

          Istilah prosa banyak padanannya.kadamg-kadang disebut narrative fiction, prose fiction atau hanya fiction saja. Dalam bahasa Indonesia istilah taddi sering diterjemahkan menjadi cerita rekaan dan didefinisikan sebagai bentuk cerita atau prosa kisahanyang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Dalam kesustraan Indonesia kita mengenal jenis prosa lama dan baru.

A. Prosa lama meliputi:
1.      dongeng
2.      hikayat
3.      sejarah
4.      epos cerita pelipur lara

B. Prosa baru meliputi :
1.      cerita pendek
2.      roman/novel
3.      biografi
4.      kisah
5.      otobiografi



C. PENGERTIAN PROSA

          Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar,serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.


D. NILAI-NILAI DALAM PROSA FIKSI

          Sebagai seni yang bertulang punggung cerita, mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak membawakan moral,pesan atau cerita. Dengan kata lain prosa mempunyai nilai-nilai.adapun nilai-nilai yang diperoleh lewat sastra adalah :

1.      Prosa fiksi memberikan kesenangan
2.      Prosa fiksi memberikan informasi
3.      Prosa fiksi memberikan warisan cultural
4.      Prosa memberikan keseimbangan wawasan

E. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI

          Pembahasan puisi dalam rangka pengajaran ilmu budaya dasar tidak akan diarahkan pada tradisi pendidikan dan pengajaran sastra dan apresiasinya yang murni. Puisi dipakai sebagai media sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema-tema atau pokok bahasan yang terdapat di dalam ilmu budaya dasar. Adapun alas an-alasan yang mendasari penyajian puisi pada perkuliahan ilmu budaya dasar adalah:

1.      Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
2.      Puisi dan keinsyafan individual
3.      puisi dan keinsyafan social

Tidak ada komentar:

Posting Komentar