Welcome In My Blog

Sabtu, 12 Maret 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain.
A.   MANUSIA                  

Manusia  di alam dunia ini memegang peranan unik, dan dapat dipandang dari banyak segi. Dalam ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan system yang dimiliki oleh manusia.manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia.dalam ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus(ilmu ekonomi).
Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia

1)      manusia itu terdiri dari empat unsure yang saling terkait, yaitu
      a.       jasad : badan kasar manusia yang nampak pada luarnya
      b.      hayat : mengandung unsur hidup
      c.       ruh     :bimbingan dan pimpinan tuhan
      d.      nafs   : dalam pengertian diri atau keakuan

2)      manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
       a. Id : yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak   nampak
       b. Ego : merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id.
       c. Superego : merupakan struktur kepribadian yang paling akhir,superego  terbentuk dari  lingkungan eksternal.



B.   HAKEKAT MANUSIA

a.      Mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.

Tubuh adalah materi yang dapat dilihat,diraba,dirasa,wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubuhnya hancur dan lenyap. Jiwa terdapat didalam tubuh, tidak dapat dilihat,tidak dapat diraba,sifatnya abstrak tetapi abadi.jika manusia meninggal, jiwa lepas dari tubuh dan kembali ke asalnya yaitu tuhan, dan jiwa tidak mengalami kehancuran.

b.      Mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahluk lainya

Kesempurnaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal,perasaan, dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia.


c.       Mahluk biokultural, yaitu mahluk hayati yang budayawi

Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi factor-faktor hayati dan budayawi.sebagai mahluk hayati,manusia dapat dipelajari dari segi-segi anatomi,fisiologi,biokimia,psikobiologi,patologi,genetika,biodemografi,evolusi biologisnya. Sebagai mahluk budayawi manusia dapat dipelajari dari segi-segi : kemasyarakatan,kekerabatan,psikologi sosial,kesenian,ekonomi,perkakas,bahasa.

d.      Mahluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan(ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuanbekerja dan bekarya

Soren Kienkegaard seorang filsuf Denmark pelopor ajaran “eksistensialisme” memandang manusia dalam konteks kehidupan konkrit adalah mahluk alamiah yang terikat dengan lingkungannya,memiliki sifat-sifat alamiah dan tunduk pada hokum alamiah pula.





C.   KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Francis L.K Hsu, sarjana amerika keturunan cina yang mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi, ilmu psikologi, ilmu filsafat dan kesusastraan cina klasik. Ilmu psikologi yang memang berasal dan timbul dalam masyarakat barat, dimana konsep individu itu mengambil tempat yang amat penting, biasanya menganalisis jiwa manusia dengan terlampau banyak menekan kepada pembatasan konsep individu sebagai kesatuan analisis sendiri.



D.   PENGERTIAN KEBUDAYAAN

-         Menurut Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan  bahwa Cultural Determinism berarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimilikimasyarakat
-         Kebudayaan dari asal kata bahasa l\sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berari mengolah tanah
-         Menurut  E.B.Tylor mendefinisikan kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,kesenian,moral,hokum,adapt istiadat dan kemampuanlain serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagi anggota masyarakat.
-         Menurut Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya,rasa dan cipta masyarakat
-         Menurut Sutan Takdir Alisyahbana mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berpikir
-         Menurut Koentjaraningrat mengatakan kebudayaan adalah berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekerti
-         Menurut A.L Krober dan C.Kluckhon mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasiatau penjelmaan kerja jiwa manusia dalamarti seluas-luasnya
-         Menurut C.A.Van Peursen mengatakan, bahwa kebudayan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang, dan kehidupan setiap kelompok orang-orang,berlainan dengan hewa-hewan,maka manusia tidak hidup begitu saja ditengah alam,melainkan selalu mengubah alam.

E.   UNSUR – UNSUR KEBUDAYAAN

Kebudayaan setiap bangsa atau masyarakat terdiri dari unsure-unsur besar maupun unsure-unsur kecil yang merupakan bagian dari suatu kebulatan yang besifat kesatuan.menurut C.Kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan, bahwa ada tujuh unsure kebudayaan universal,yaitu :

1.      system realigi
2.      system organisasi kemasyarakatan
3.      system pengetahuan
4.      system mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
5.      system tekhnologi dan peralatan
6.      bahasa
7.      kesenian

F.      WUJUD KEBUDAYAAN

Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu

1.kompleks gagasan,konsep,dan pikiran manusia

Wujud ini disebut system budaya, sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya.

2.kompleks aktivitas

Berupa aktivitas manusia yang saking berinteraksi,bersifat kongkret,dapat di amati atau observasi.wujud ini sering disebut system social

3.wujud sebagai benda

Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuan.

    


G. ORIENTASI NILAI BUDAYA                
    
Menurut  C.Kluckhohn dalam karyanya Variation in Value Orientation (1961) system nilai budaya dalam semua kebudayaan secara universal menyangkut lima masalah  pokok kehidupan manusia, yaitu:

1.      hakekat hidup manusia (MH)
2.      hakekat karya manusia (MK)
3.      hakekat waktu manusia(WM)
4.      hakekat alam manusia(MA)
5.      hakekat hubungan manusia(MN)

G.  PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Tidak ada kebudayaan yang statis, semua kebudayaan mempunyai dinamika dan gerak. Gerak kebudayaan adalah gerak manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan.gerak manusia terjadi oleh karena ia mengadakan hubungan-hubungan dengan manusia lainnya. Artinya, karena terjadi hubungan antar kelompok manusia di dalam masyarakat.



H.   KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia. Tetapi apa sederhana itu hubungan keduanya?

Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal , maksudnya walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan,dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar